SharingSOLO : Dalam Kenangan

Siang itu mendung bergelayutan dan aku kedinginan didalam Bis Damri yang akan membawaku menuju Bandar Soekarno – Hatta CGK. Sesampai di terminal 1B langsung menuju counter Sriwijaya Air untuk menukarkan tiket dengan tujuan SOLO guna menghadiri sharingSOLO. Sambil menunggu kehadiran mas Aris Heru Utomo (Ketua BeBlog) kucoba untuk memantau tweet yang siang itu seru banget. Alhamdulillah selang beberapa menit mas Aris nyampai kemudian kita check in dan menunggu di waiting room gate 6 ah sudah terbayang kota Solo, kota yang begitu banyak meninggalkan kenangan manis semasa SMA.  Tepat pukul 16.20 menit pesawatpun membawa kami menuju bandara Adi Sumarmo Solo dan mendarat dengan mulus 17.20. Begitu tiba saya langsung sms panitia (Mamo) sharingSOLO untuk berkoordinasi penjemputan kami, eh ternyata mas Blontankpoer sendiri yang menjemput. Dalam perjalanan pakB (sebutan akrab untuk mas Blontank) banyak bercerita mengenai persiapan acara sharing online lan offline baik itu suka maupun dukanya dan tak ketinggalan diajak pula untuk melihat bangunan yang rencananya akan dijadikan markasnya bengawan.

Tak lama kemudian kamipun sampai di sebuat penginapan sederhana bernama Wisma Seni yang berada di dalam komplek ISI Taman Budaya Solo. Disana disambut dengan rasa persaudaraan yang akrab oleh panitia bengawan, masih ingin menghirup udara Solo kamipun berbincang di Pendopo Wisma Seni. Tak lama kemudian sampailah perwakilan Komunitas Plat M (Madura) yang mengirimkan sebanyak 41 orang Masya Allah luar biasanya mereka meski harus naik kereta api ekonomipun mereka rela begitu juga beberapa perwakilan dari Komunitas Blogger Surabaya TPC. Disusul kemudian Komunitas Blogger KotaReyog yang kemudian bersalam salaman membaur, wah saya yang berfikir bakal kesepian karena berasumsi peserta akan hadir Sabtu pagi. Seperti janji saya di milist bengawan akan mengajak mereka untuk kuliner dan karaokean maka setelah mandi kamipun berangkat untuk menyantap Nasi Liwet Keprabon mbok Wongso Lemu (ups saya nambah lho), secara emang belum sempet makan siang. Setelah menyantap nasi Liwet kami meneruskan untuk karaoke, ruangan yang seyogyanya hanya untuk 7 orang terpaksa diisi 10 orang karena ada yang menyusul ikut karaoke. Dan bisa dibayangkan serunya duet maut antara Novy dan AndyMSE dan yang paling berkesan ada vokalis ADA Band yang suaranya merdu luar biasa (ops sampai saat inipun aku nggak tahu nama aslinya hahaha bad bad).

Acara sharingSOLO resmipun di gelar di Gedung Graha Solo Raya Jl. Slamet Riyadi tepat berada di jantung kota Solo, sebuah acara yang sangat menarik. Acara dibuka dengan parade batik yang nantinya akan diadakan Festival Batik dengan meriah yang kemudian dilanjutkan dengan menampilkan Sharing yang di fasilitatori oleh Gunawan Wibisono dengan Uraian acara Sharing success story dari blogger Bunderan HI (BHI), sharing kiat pemasaran produk lewat media online, Ketersediaan akses internet untuk menunjang bisnis online yang ke semua sharing ini akan menunjang UMKM yang ada di Solo. Yang menarik kehadiran bapak Joko Widodo walikota Solo yang mengumumkan bahwa akan ada Festival Keraton Internasional pertama yang akan digelar di Solo. Selain itu juga diadakan Pameran Produk, konsultasi publik mengenai internet sehat, klinik blogging, klinik BlackBerry dan gadget pada pukul 08.00 wib sampai 17.00 wib bertempat di Ruang Pameran Graha Solo Raya. Ada yang membuat saya terharu dibalik kemeriahan acara sharingSOLO adalah kontingen dari Bekasi Ibote ternyata mereka naik kereta api ekonomi dan berdiri pula akan tetapi melihat semangat mereka yang luar biasa mbak ajeng salut dan ajung 10 jempol buat kalian.

Malam harinya meskipun gerimis rintik rintik menghujani kota Solo namun tidak juga kita lewatkan untuk menyantap makanan khas kota Solo yaitu Timlo bersama Komunitas Blogger Makassar Rara, Nuri Kidy, Nhie Wardani, Nawir Gani dan salah satu blogger bengawan Resti.  Timlo yang terkenal enak adalah Timlo bu Sastro belakang pasar Gedhe yang sudah habis sebelum maghrib sehingga kita menyantap Timlo Kwali yang tepatnya berada di belakang keraton Mangkunegaran. Malam harinya adalah malam keakraban saling sharing pengalaman masing masing komunitas yang diiringi dengan keroncongan, sungguh acara santai yang sangat indah. Ternyata rombongan Blogger Ngawi terlambat datang sehingga malam itu juga jalan jalan muter muter kuliner Solo dengan mas Abid yang akhirnya memilih nasi Liwet untuk santap tengah malam (duh perut rasanya mau pecah)

Kunjungan ke UMKM dilakukan pada Minggu 6 Juni 2010, kunjungan ini terbagi dalam 2 kelompok yaitu Bengawan (daerah sekitar Jurug), Batik (Kampung Batik Laweyan dan Kauman). Sesampai ditempat tujuan yaitu Kampung Batik Laweyan kami disuguhi es beras kencur nikmat sekali (namun merupakan minuman yang aneh bagi sebagian teman teman Makassar). Kekasih hati membeli kemeja batik khas Laweyan eh peserta sharingSOLO mendapat diskon 20% alhamdulillah sambil duduk santai menikmati makanan khas Solo lekker kalau di Jakarta kita kenal denga Crepes *halah*

Setelah acara belanja selesai kamipun langsung menuju Taman Balekambang untuk memulai acara yang lain yaitu Internet Sehat yang dibawakan oleh DonnyBU. Sebelum acara dimulai disuguhi keroncong yang keren banget rasanya pengen nyanyi tapi saya nggak bisa cengkoknya lagu keroncong. Kombinasi keroncong dan makan siang membuat kantuk tak bisa di elakkan. Sehingga presentasi DonnyBU yang menarik hanya terserap 50% ketika dia membahas tweet dan media mean stream. SharingSOLO akhirnya secara resmi dinyatakan selesai dengan kepuasan dibenak masing masing syukur alhamdulillah. Acung jempol untuk panitia yang dengan susah payah meluangkan waktu mengakomodir peserta, meski masih ada kekurangan disana sini itu hal yang wajar. Khususnya terima kasih kepada ketua penyelenggara mas Blontankpoer yang dengan gigih sehingga acara sharingSOLO ini ada.

Acara santai malam terakhir di Solo adalah hunting oleh oleh dan pastinya kuliner, memang rasanya males untuk menyantap makanan yang disediakan oleh panitia, bukannya apa sih perut ini takut nggak ada space lagi untuk kuliner. Langkah pertama adalah menuju pusat jajan Mandarin Orion, disana terdapat Roti Mandari khasnya Orion ada Abon Varia ada kacang Mede pokoknya lengkap. Setelah belanja kembali menuju Timlo Solo kali ini bersama kekasih hati, Kika, Addief, Novi cuk lanang, Riwis dan Dhamar makan timlo dan diteruskan dengan nyusu di SHE JACK (memang nikmat luar biasa)

Tepat pukul 23.00 kekasih hati harus pulang ke Surabaya memang berat melepas kepulangannya namun yah beginilah nikmatnya LDR (Long Distance Love) yang harus kami jalani. Subuhpun mengharuskan saya untuk bergegas ke bandara Adi Sumarmo dengan diantar pakB makasih mas untuk akomodasinya dan juga tehpokilnya. Batavia membawa kami kembali ke ‘Batavia’ dengan hati masih tersisa di Solo dengan degub jantung masih mengalir di kota bengawan Solo ini. I will be back again and again. Dalam genggaman cintamu kususuri kotaku hingga kutak mampu menepiskan kerinduanku padamu.

Note : Sebagian foto diambil dari FB Nuri dan Munif

Be Sociable, Share!

46 Comments

  • At 2010.06.09 13:39, gajah_pesing said:

    #sharingSOLO memang menggairahkan dan mempesona bagi kalangan blogger

    • [...] This post was mentioned on Twitter by XL Axiata, ajengkol. ajengkol said: #XLSOLO http://www.muslimah.web.id/sharingsolo-dalam-kenangan @XL123 @HeraLaxmiDevi @Blontankpoer [...]

      • At 2010.06.09 14:03, Aris Heru Utomo said:

        #sharingSOLO memang mantab menambah wawasan keragaman budaya para blogger. Btw cerita kuliner mbak Ajeng bikin laper …

        • At 2010.06.09 14:05, Mas Ben said:

          Lho dapet korting 20% to ? Wah saya gak tahu jeee. Andaikan kutahu …

          Salam bentoelisan
          Mas Ben

          • At 2010.06.09 14:09, ciwir said:

            pulang kampung sisan….

            • At 2010.06.09 14:27, mif said:

              hiks,, terharu mendengar penuturan kisah LDR,,

              • At 2010.06.09 14:27, Anang said:

                Sadly, i couldnt be there.. *tears

                • At 2010.06.09 14:31, BHI said:

                  rumiyin bu ajeng sekolah wonten sma pundi, lulus taun pinten ?

                  • At 2010.06.09 14:53, indobrad said:

                    iri. hiks

                    • At 2010.06.09 16:48, Jidat said:

                      Sayang mbak saya kemarin gak bisa ikut, ada smester :)
                      Tapi dirumah sudah dikirimi Kaos SOLO (dance)

                      • At 2010.06.09 17:19, fatur said:

                        mbak …aku ra tok gawakke kawos tho? hiks…

                        • At 2010.06.09 17:24, ohdediku said:
                          • At 2010.06.09 17:58, mursid said:

                            fotonya manaaaaa??? hoax lho mbak..haha

                            • At 2010.06.09 18:10, Joulecar said:

                              sukses marai aku ngiler mbak…
                              sayang banget ra iso mulih tenan…..
                              melewatkan momen seru ne bengawan…

                              eh mbak “LDR (Long Distance Love) ” po bener to???
                              maklum nubie….hihihihiii….

                              • At 2010.06.09 20:45, Andy MSE said:

                                top markotop….
                                penyanyine nggilani…

                                • At 2010.06.27 12:22, Jidat said:

                                  Ngakoni lek nggilani *hwakakaka kabuuurrr

                                • At 2010.06.09 20:47, Frenavit Putra said:

                                  Mantap acarane… sayang sekali saya ndak bisa ikut bergabung saat itu.. Hiks..

                                  • At 2010.06.09 22:16, jurug said:

                                    mantap to mbak ??

                                    • At 2010.06.09 22:42, arit said:

                                      sharingSOLO ya untuk blogger…hehe

                                      • At 2010.06.10 07:08, anno said:

                                        kecewa ndak ikut karaoke :((

                                        • At 2010.06.10 07:42, slams said:

                                          syemmm nasib jadi fotografer handal khusus foto bareng!!!
                                          gak pernah ikut kefoto…
                                          terimakasih buat acaranya

                                          • At 2010.06.10 09:17, eko sutrisno hp said:

                                            mbak ada lagu One Moment in Time gak?
                                            http://ekoshp.com/2010/04/duet-maut-dengan-mbak-ajeng-one-moment-in-time/

                                            mbak Ajeng kalau nyanyi itu bikin merinding deh…

                                            salam

                                            • At 2010.06.10 11:22, amriltg said:

                                              Mbak Ajeng, Terimakasih atas sharing kisahnya tentang acara di Solo minggu lalu. Rasanya seperti hadir disana apalagi pake acara karaoke segala..woww… :))

                                              • At 2010.06.10 12:36, Aziz Hadi said:

                                                Emanne rek aku g iso melu nang SOLO, tetep eksis aj deh… Blogger Seluruh Indonesia.. :D

                                                • At 2010.06.10 13:04, Bala Tidar said:

                                                  mantap mbak reportasene……….lengkap kap tur komplit-plit!

                                                  • [...] Acara sharingSOLO resmipun di gelar di Gedung Graha Solo Raya Jl. Slamet Riyadi tepat berada di jantung kota Solo, sebuah acara yang sangat menarik. Acara dibuka dengan parade batik yang nantinya akan diadakan Festival Batik dengan meriah yang kemudian dilanjutkan dengan menampilkan Sharing yang di fasilitatori oleh Gunawan Wibisono dengan Uraian acara Sharing success story dari blogger Bunderan HI (BHI), sharing kiat pemasaran produk lewat media online, Ketersediaan akses internet untuk menunjang bisnis online yang ke semua sharing ini akan menunjang UMKM yang ada di Solo. Yang menarik kehadiran bapak Joko Widodo walikota Solo yang mengumumkan bahwa akan ada Festival Keraton Internasional pertama yang akan digelar di Solo. Selain itu juga diadakan Pameran Produk, konsultasi publik mengenai internet sehat, klinik blogging, klinik BlackBerry dan gadget pada pukul 08.00 wib sampai 17.00 wib bertempat di Ruang Pameran Graha Solo Raya. Ada yang membuat saya terharu dibalik kemeriahan acara sharingSOLO adalah kontingen dari Bekasi Ibote ternyata mereka naik kereta api ekonomi dan berdiri pula akan tetapi melihat semangat mereka yang luar biasa mbak ajeng salut dan ajung 10 jempol buat kalian. [...]

                                                    • At 2010.06.10 15:53, dafhy said:

                                                      nama vokalis ada band ala bengawan itu yos mbak. blognya yosbeda.com
                                                      jadi teringat lagu “You raise me up” punya jos groban, lagu kenangan sama seseorang ituh

                                                      • At 2010.06.10 15:57, HIMATIKA-ISTP Road To SOLO « gajah_pesing said:
                                                        • At 2010.06.10 16:10, riFFrizz said:

                                                          wihh, seru acaranya, sukses buat SHARING ONLINE LAN OFFILE

                                                          • At 2010.06.12 07:49, ATMO said:

                                                            I will be back again and again. Dalam genggaman cintamu kususuri kotaku hingga kutak mampu menepiskan kerinduanku padamu.

                                                            • At 2010.06.12 11:01, PakOsu said:

                                                              Reportase mantap, foto-fotonya keren. Kapan saya bisa bergaya seperti ini ya? Hiks…

                                                              • At 2010.06.14 15:20, pia said:

                                                                solo mantep apalagi ada obat herbal dan pelatihan herbal&bekam gratisnya.

                                                                • At 2010.06.17 14:03, bom² said:

                                                                  wah..seru banget pastinya mbak…:) sayang tidak bisa mengikutinya….:>

                                                                  • At 2010.06.18 11:55, mima said:

                                                                    waaaaaaaah.. lengkap banget mba ceritanya..
                                                                    mupeeeengg hehehe..
                                                                    btw, soal LDR gimana caranya mba supaya hubungan tetep langgeng? :D

                                                                    • At 2010.06.20 20:39, brillie said:

                                                                      wow.. lama banget nggak update blog mbak, kemana aja?

                                                                      • At 2010.06.20 22:40, addiehf said:

                                                                        makasih traktirannya :D

                                                                        • At 2010.06.22 00:30, niQue said:

                                                                          cuma bisa ngiri mbaca cerita perjalanan mba’e
                                                                          huhuhu ….

                                                                          *kangen*

                                                                          • At 2010.06.24 15:39, dhodie said:

                                                                            Masya Allah, ini reportase lengkap amat yak! Mestine menang Blekberi iki!

                                                                            • At 2010.06.25 07:59, Albion Assat go pay said:

                                                                              [...] Acara sharingSOLO resmipun di gelar di Gedung Graha Solo Raya Jl. Slamet Riyadi tepat berada di jantung kota Solo, sebuah acara yang sangat menarik. Acara dibuka dengan parade batik yang nantinya akan diadakan Festival Batik dengan meriah yang kemudian dilanjutkan dengan menampilkan Sharing yang di fasilitatori oleh Gunawan Wibisono dengan Uraian acara Sharing success story dari blogger Bunderan HI (BHI), sharing kiat pemasaran produk lewat media online, Ketersediaan akses internet untuk menunjang bisnis online yang ke semua sharing ini akan menunjang UMKM yang ada di Solo. Yang menarik kehadiran bapak Joko Widodo walikota Solo yang mengumumkan bahwa akan ada Festival Keraton Internasional pertama yang akan digelar di Solo. Selain itu juga diadakan Pameran Produk, konsultasi publik mengenai internet sehat, klinik blogging, klinik BlackBerry dan gadget pada pukul 08.00 wib sampai 17.00 wib bertempat di Ruang Pameran Graha Solo Raya. Ada yang membuat saya terharu dibalik kemeriahan acara sharingSOLO adalah kontingen dari Bekasi Ibote ternyata mereka naik kereta api ekonomi dan berdiri pula akan tetapi melihat semangat mereka yang luar biasa mbak ajeng salut dan ajung 10 jempol buat kalian. [...]
                                                                              +1

                                                                              • At 2010.06.26 00:16, aRai said:

                                                                                yah postingan ini mah dah baca … xixixixi

                                                                                • At 2010.06.29 12:32, warungsate said:

                                                                                  wah jadi pengen ke solo :(

                                                                                  ada yang mau ngajakin aku ga ya?

                                                                                  • At 2010.07.01 20:39, Hedon said:

                                                                                    kayaknya acaranya seru banget dehh….sukses selalu buat mbaknya…

                                                                                    • At 2010.07.12 13:40, Wejick said:

                                                                                      Wah jadi pengen ke solo lagi

                                                                                      • At 2011.10.29 15:14, promotion website said:

                                                                                        Blog ini hebat . Ada sering semua info yang sesuai pada saran dari jari-jari saya . Terima kasih dan memelihara pekerjaan yang unggul !

                                                                                        • hebat banget deh,,kayanya benar-benar patut buat dikenang,,hehehe
                                                                                          Cara mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara Alami postingan terakhir..Cara mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara Alami

                                                                                          • At 2012.01.27 08:20, Obat Tradisional Hiv Aids said:

                                                                                            seru banget…. saya juga pengen ikutan gabung donks???tiada hari yang indah bila tidak bersama kawan.
                                                                                            Obat Tradisional Hiv Aids postingan terakhir..Obat Tradisional Leukimia|Cara Mengatasi Penyakit Leukimia

                                                                                            (Required)
                                                                                            (Required, will not be published)

                                                                                            CommentLuv badge