Penyakit Dispepsia Jangan Anggap Remeh

Postingan ini terpaksa dibuat ulang mungkin nggak bisa sama persis dikarenakan Blog Muslimah pindah server dan postingan terakhir hilang semoga bermanfaat. Sekaligus terima kasih penulis ucapkan kepada kekasih hati yang telah membuat blog ini hidup kembali yang dengan segenap cinta memberi semangat dalam menularkan ilmu.

Empat tahun lalu selepas shaum Ramadhan tentu saja suatu kemenangan karena selama satu bulan kita berlatih melawan hawa nafsu tentu saja Lontong Sayur dan Opor siap untuk disantap. Namun seletah 2 hari ternyata gejala mual dan muntah itu datang, ternyata ulkus di antrum lambungku dari hasil endoskopi menjawab semua tanya itu. Postingan ini didedikasikan untuk seorang sahabat  Nurcahyo H. Purnomo semoga bisa bersahabat dengan dispepsia.

Dispepsia merupakan kumpulan gejala yang terdiri dari rasa tidak enak atau sakit di perut bagian atas yang menetap atau mengalami kekambuhan. Sindroma dispepsia lebih dikenal sebagai penyakit maag (gastritis).

Dispepsia adalah rasa nyeri atau perasaan tidak nyaman pada perut bagian atas. Keluhan yang timbul adalah rasa nyeri pada ulu hati, mual, kembung, muntah, dan cepat kenyang. Dispepsia dibedakan menjadi dispepsia organik dan dispepsia fungional. Dispepsia organik, jika keluhan yang timbul disebabkan karena kelainan organ tubuh seperti tukak lambung, usus dua belas jari, radang pankreas, radang empedu, dan sebagainya. Selain itu, obat-obatan rematik, beberapa antibiotik, penyakit diabetes melitus, dan penyakit jantung juga dapat menimbulkan dispepsia organik. Dispepsia fungsional berupa keluhan dispepsia yang telah berlangsung beberapa minggu tanpa didapat kelainan atau gangguan struktural organ tubuh berdasarkan pemeriksaan klinis, laboratorium, radiologi, dan endoskopi.

Pada dispepsia organik, keluhan yang dialami, akibat kelainan pada organ tubuh (oleh karena itu dinamakan organik) terutama kelainan pada organ-organ didalam rongga perut. Penyebabnya bermacam-macam yang sering infeksi tipus perut yang berulang (dalam bahasa kedokteran Relaps), infeksi oleh malaria, virus hepatitis, dan infeksi kuman-kuman lain. “Infeksi oleh kuman Helycobacter pylori yang bisa hidup dilambung manusia, dan juga dapat menyebabkan tukuk lambung atau tukuk pada usus dua belas jari.

Dispepsia fungsional tidak didapatkan kelainan organ melainkan terjadi kenaikan produksi asam lambung dan gangguan dari gerakan organ saluran cerna, yang bisanya akibat faktor-faktor psikis misalnya stress, marah, sedih dan lain-lain. Gangguan pisikis atau stress menyebabkan peningkatan produksi hormon-hormon dalam tubuh antara lain adrenalin dan kortikosteroid yang merangsang pengeluaran hormon gastrin yang akan merangsang pengeluaran asam lambung.

Dispepsia merupakan kumpulan gejala-gejala di mana pada suatu keadaan satu gejala lebih dominan dari yang lain, sehingga seringkali dibagi gejala-gejala ini dalam beberapa sub-group:

1. Dispepsia tipe refluks yaitu adanya rasa terbakar pada epigastrium, dada atau regurgitasi dengan gejala perasaan asam di mulut.2. Dispepsia tipe dismotilitas yaitu nyeri epigastrium yang bertambah sakit setelah makan, disertai kembung, cepat kenyang , rasa penuh setelah makan, mual atau muntah, bersendawa dan banyak flatus.
3. Dispepsia tipe ulkus yaitu nyeri epigastrium yang mereda bila makan atau minum antasid dan nyeri biasanya terjadi sebelum makan dan tengah malam.
4. Dispepsia non-spesifik yaitu dispepsia yang tidak bisa digolongkan dalam satu kategori di atas.
5. Dispepsia tipe refluks biasanya terbukti secara endoskopi atau monitor PH ambulatoar sehingga sebaiknya tipe ini langsung kita obati sebagai penyakit refluks gastroesophageal.
6. Beberapa pasien dengan dispepsia tipe dismotilitas ternyata menderita ulkus peptikum sebaliknya penderita dengan dispepsia tipe ulkus menderita DNU (Dispepsia non ulkus).

Endoskopi segera dikerjakan jika memang ada gejala “peringatan” dan pasien yang sangat kuatir tentang adanya penyakit serius yang mendasarinya. Untuk pasien lainnya, para klinisi harus memutuskan antara segera mengetahui diagnosa definitif dengan endoskopi dan mengetahui dulu hasil terapi percobaan medis empiris (therapi exjuvantivus).

Foto seri sinar-X dengan Barium pada GI atas kurang akurat dibanding endoskopi untuk diagnosis ulkus peptikum dan refluks gastroesofageal.

Test non-invasif untuk mendeteksi infeksi HP dengan IgG serologik atau Urea Breath Test (lihat Algoritma I.) Keduanya mempunyai sensitivitas dan spesifiksitas > 90%

USG dan CT Scan” hanya dilakukan bila secara klinis atau laboratoris ada kecurigaan ke arah penyakit pankreas atau empedu.

Pengukuran PH Intraesophagus (monitor 24 jam) dilakukan terhadap pasien dengan Dispepsia Non Spesifik dan hasil endoskopi yang normal untuk mendiagnosa kemungkinan refluks gastroesofageal. Tapi bagaimanapun hal ini tidak praktis, untuk kasus yang dicurigai penyakit refluks gastroesofageal langsung kita terapi imperik anti refluks.

Pada umumnya penderita sakit maag dapat berpuasa terutama jika sakit maag-nya hanya gangguan fungsional. Obat anti asam lambung seperti penghambat reseptor H2, antara lain ranitidine, famotidine, nizatidine dapat diberikan pada saat sahur dan berbuka untuk mengontrol asam lambung selama berpuasa, sehingga keluhan yang timbul saat berpuasa terutama saat perut sudah kosong (6-8 jam setelah makan terakhir) dapat dikurangi.

Be Sociable, Share!

30 Comments

  • At 2009.07.02 20:15, gajah_pesing said:

    Alhamdulilah, postingan ini muncul kembali

    • At 2009.07.03 01:15, ãñÐrî ñâwáwï said:

      Assalamu’alaikum…
      Wahhh, berarti komengku yang kemaren ilang juga dong mbak… hihiii :mrgreen:
      Mudah-mudahan aku ngga kena penyakit ini, coz jam makanku kurang teratur, katanya kalo makan ga teratur bisa kena magh ya mbak?
      .-= ãñÐrî ñâwáwï posting terakhir blog ..Membuat MySQL Database Replication Server =-.

      • At 2009.07.03 10:29, Pradna said:

        wah iya nih,
        saya juga kurang gizi,kurang tidur dan kebanyakan ketawa..
        bakal kudu mewaspadai ini.

        nice info :)
        .-= Pradna posting terakhir blog ..Sedikit catatan Ubuntu 9.04 dan OpenSuse 11.1 =-.

        • At 2009.07.03 13:35, ami said:

          hikssss ilang deh komenku
          .-= ami posting terakhir blog ..hari2 selanjutnya =-.

          • At 2009.07.03 14:09, Stop Dreaming Start Action said:

            Terima kasih ulasannya, sakit yang seperti itu memang banyak yang menganggap gk serius, kadang gk diperhatiin padahal itu sangat penting, dan harus diperhatikan! postingnya bermanfaat sekali!

            • At 2009.07.03 14:29, Rafareds said:

              tiga kali mengalami sindroma yang sama…lama2 makin bersahabat mba…..

              petuah sang dokter masih tetap sama…jaga pola makan, tidur teratur…rileks jangan tegang, banyak istirahat, jangan banyak pikiran…..sisanya (dan masih bandel) turunkan berat badan dengan olah raga … (ada pengaruhnya ya BB dengan sindroma ini)
              .-= Rafareds posting terakhir blog ..Ruang Publik, makin terancam =-.

              • At 2009.07.03 16:02, dhodie said:

                Ow enakan ngomong penyakit maag dibanding dispepsia *ngeyel sama bu dokter*

                Well toss sama Cahyo, ternyata senasib berpenyakit maag. Kebiasaan buruk saia kalo makan itu baru dilakukan pas udah perut melilit lapar (jangan diikuti saudara2). Alhamdulillah so far masih yang ringan kali yah, soalnya kalo dikasih Waisan serbuk gitu bisa langsung hilang…

                Nah pertanyaan saia: adakah efek samping yg berbahaya bagi lambung dari obat2an yang dijual di pasaran semacam paramex or waisan? hehehe

                • At 2009.07.03 16:37, Rafareds said:

                  klo dodi nanya keq gitu …jadi inget ma temen….dia klo lapar bukannya nyari makan malah nyari promag ma waisan ntu…hehhee…

                  tapi apa bedanya maag dengan sindroma dispepsia …
                  .-= Rafareds posting terakhir blog ..Ruang Publik, makin terancam =-.

                  • At 2009.07.04 00:45, Hamster Copo said:

                    Waduuh moga saja aku enggak kenak penyakit dispepsia,,itu bisa bahaya karena enggak bisa mergokin neng berduaan sama maas gajah..cie..cie..cie *kabuuur* hehehe
                    .-= Hamster Copo posting terakhir blog ..4 in 1… =-.

                    • At 2009.07.04 18:18, manusiahero said:

                      wah ngeri penyakitnya.. harus jaga kesehatan..
                      .-= manusiahero posting terakhir blog ..Award dan PR yang Aneh =-.

                      • At 2009.07.05 08:41, katakataku said:

                        maag?? walopun saya makan gak teratur, tp kok saya gak ngerasa punya maag ya?? ato karena saya belum menyadarinya ya (thinking)
                        .-= katakataku posting terakhir blog ..Memendam Masalah untuk Sementara =-.

                        • At 2009.07.06 11:24, suwung said:

                          jadi takut diriku kalo baca openyakit

                          • At 2009.07.06 12:09, Zulhaq said:

                            waduh, ngomong2 masalah perut dan lambung niy bu
                            saiah yang sinting ini sangat bermasalah dengan organ tersebut
                            jadi bukan hanya otak yang sinting tapi perut dan sekitarnya juga ha ha ha
                            makanya, sangat waspada dan hati2 untuk urusan yg berhubungan dengan hal itu
                            .-= Zulhaq posting terakhir blog ..Oleh-Oleh Orang Sinting =-.

                            • At 2009.07.08 11:38, artvisualizer said:

                              wah.. info nya sangat berguna sekali nih.. thanks ya
                              .-= artvisualizer posting terakhir blog ..Akhirnya Kami Sekeluarga Nyontreng Juga =-.

                              • At 2009.07.08 17:36, annosmile said:

                                klo berpuasa saya malah gak sakit maag
                                klo hari2 biasa gini kadang malah sakit maag (doh)
                                .-= annosmile posting terakhir blog ..Menikmati Sunset di Tanah Lot =-.

                                • At 2009.07.14 12:43, Andy MSE said:

                                  kuwi gambar opo mbak? kok nggilani men??
                                  .-= Andy MSE posting terakhir blog ..Mari Membeli Masa Depan =-.

                                  • [...] muslimah blog AKPC_IDS += "51,";Popularity: 14% [?] [...]

                                    • At 2009.08.12 17:01, rukiah dalimunte said:

                                      aduh saya lagi sakit lambung nih katanya sih asam lambung… makanya jadi rajin baca ini memang sih aku gak teratur makan, tidur dan agak strees kerjaan. tolong dong ada info lain gak mengenai pengobatan asam lambung

                                      • At 2010.08.14 23:22, About Dyspepsia | All About Women said:

                                        [...] courtesy by MUSLIMAH Share is Sexy [...]

                                        • At 2010.09.25 00:39, maternity health insurance said:

                                          I’m glad you said that?!

                                          • At 2010.10.07 16:38, handout said:

                                            i thing your information is important for may self…..
                                            thanks very much.
                                            if you want to know my profile

                                            • At 2010.12.22 19:05, iptek said:

                                              Penyakit Dispepsia malah baru kali ini saya denger namnya…
                                              iptek postingan terakhir..Apa kemiripan Tukul dan Beckam!!

                                              • At 2011.01.05 06:00, nerz mukhlis said:

                                                kalo sm ranitidine or famotidine juga ga mempan gimana? Ini ajha udah 5 jam nih sy menderita perihnya. Bukan seperti magh yg nyeri masih d epigastrium tp udh menyebar titik nyeri paling terasa d linea tengah abdomen hingga px..nih ajha lg nunggu temen jemput tk dianter k RS…Buat ngilangin stress skaligus distraksi nyeri makannya OL dulu..kali aja dyspepsia fungsional…owkey sy cabut dulu..jemputan udh nyampe..mudah2 krn karsinoma atw ulkus. Doain yah..

                                                • At 2011.01.05 06:04, nerz mukhlis said:

                                                  maksud smoga sj ga ulkus atw Ca.

                                                • Penyakit Dispepsia Jangan Anggap Remeh « Muslimah Blog…

                                                  [...]Postingan ini terpaksa dibuat ulang mungkin nggak bisa sama persis dikarenakan Blog Muslimah pindah server dan postingan terakhir hilang semoga bermanfaat. Sekaligus terima kasih penulis ucapkan kepada kekasih hati yang telah membuat …[...]…

                                                  • At 2011.04.06 10:09, grosir jilbab murah said:

                                                    info yang sangat bermanfaat . terimaksih diupdate terus ya saya pantau terus ..salam
                                                    grosir jilbab murah postingan terakhir..Jilbab Bergo Hyget

                                                    • wahhh,,,serem juga ya mbak,,dispepsia,,,saya takut itu juga menimpa adik saya,,karena dia sering muntah jika makan pagi,,apakah itu sama ya..

                                                      • At 2012.05.05 08:27, angel said:

                                                        Bu,saya baru check up katanya saya kna dispepsia,tpe saya masih ga paham dgn postingannya,klo dispepsia refluks itu bs dijelaskan lebih rinci ga ya??

                                                        • At 2012.05.12 14:15, uswatun nissa said:

                                                          kalau cara pengobatannya bgaimna ya? dan apa saja yg harus di hindarindari makanannya,,,

                                                          • At 2013.09.17 07:13, Hindun said:

                                                            Terima kasih atas info yang bermanfaat ini, sy juga dyspepsi (kalo kata dokter, sementara ini fungsional-mungkin). Krn hasil USG bagus. Sy sudah bedrest 1 minggu, krn sakitnya datang bersama pusing dan demam. (Hasil lab darah bagus). Saat ini, masih suka muntah dan mual. Setelah itu lemas, dan aktifitas ga bisa lancar krn harus bedrest lagi. Minum-pun sy muntah. Mohon penjelasannya. Krn ini sudah berlangsung sgt lama. Makasih

                                                            (Required)
                                                            (Required, will not be published)

                                                            CommentLuv badge