Keputihan Karena Jamur

 

Kalau postingan sebelumnya adalah Keputihan yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis, maka kali ini adalah keputihan yang etiologinya berbeda yaitu oleh Jamur. Keputihan merupakan gejala yang dialami oleh hampir semua wanita dan yang berperan terhadap keputihan yaitu serviks (leher rahim) dan vagina. Keduanya mengandung kelenjar yang dapat memproduksi mukus (cairan) yang keluar sebagai keputihan.

Keputihan seringkali  dianggap normal apabila ciri-cirinya adalah keputihan yang keluar tidak berwarna (bening), tidak berbau, dan tidak disertai gejala-gejala lain seperti gatal, nyeri. Keputihan dapat mengalami gangguan dan penyebabnya beragam dan  seringkali dapat diketahui melalui gejala keputihan yang muncul.

Keputihan Karena Jamur

Jamur apabila dalam jumlah sedikit hal ini merupakan organisme normal ada dalam vagina. Tetapi apabila jumlahnya meningkat, maka akan menimbulkan gejala keputihan. Salah satu jenis jamur yang sering menjadi biang keputihan adalah Candida albicans. Keputihan karena jamur ditandai dengan keluarnya cairan berbentuk keju lunak berwarna putih (white, cottage cheese like discharge), rasa gatal yang hebat, dan seringkali menyebabkan nyeri saat berhubungan seksual.

Apa itu Candida albicans ?

Candida albicans merupakan jamur dimorfik karena kemampuannya untuk tumbuh dalam dua bentuk yang berbeda yaitu sebagai sel tunas yang akan berkembang menjadi blastospora dan menghasilkan kecambah yang akan membentuk hifa semu. Perbedaan bentuk ini tergantung pada faktor eksternal yang mempengaruhinya. Sel ragi (blastospora) berbentuk bulat, lonjong atau bulat lonjong dengan ukuran 2-5 μ x 3-6 μ hingga 2-5,5 μ x 5-28 μ .

Candida albicans memperbanyak diri dengan membentuk tunas yang akan terus memanjang membentuk hifa semu. Hifa semu terbentuk dengan banyak kelompok blastospora berbentuk bulat atau lonjong di sekitar septum. Pada beberapa strain, blastospora berukuran besar, berbentuk bulat atau seperti botol, dalam jumlah sedikit.  Sel ini dapat berkembang menjadi klamidospora yang berdinding tebal dan bergaris tengah sekitar 8-12 μMorfologi koloni Candida albicans pada medium padat agar Sabouraud Dekstrosa, umumnya berbentuk bulat dengan permukaan sedikit cembung, halus, licin dan kadang-kadang sedikit berlipat-lipat terutama pada koloni yang telah tua. Umur biakan mempengaruhi besar kecil koloni. Warna koloni putih kekuningan dan berbau asam seperti aroma tape. Dalam medium cair seperti glucose yeast, extract pepton Candida albicans tumbuh di dasar tabung.

Faktor Predisposisi

Pada kehamilan, terjadi perubahan hormonal. Meningkatnya produksi estrogen menyebabkan pH vagina menjadi lebih asam dan sangat baik untuk pertumbuhan Candida albicans. Pada umur tertentu, yaitu bayi dan orang tua, orang mempunyai kerentanan terhadap infeksi.  Keadaan umum yang buruk antara lain prematuritas, gangguan gizi, dan penyakit menahun. Penyakit tertentu yang diderita, seperti diabetes melitus, leukemia, dan keganasan, dapat meningkatkan kerentanan. Di samping itu, kerentanan juga dipengaruhi oleh penggunaan obat-obatan, antibiotika, oral kontrasepsi, kortikosteroid, dan sitostatika, serta iritasi setempat pada tubuh, antara lain kegemukan, urin, air, dan lain-lain.

Patogenesis

Pada fase patogenesis, terjadi perjalanan penyakit dalam tubuh manusia sehingga muncul berbagai gejala klinis antara lain sebagai berikut :

Sebagian penderita asimtomatis atau mempunyai keluhan yang sangat ringan disertai perasaan gatal, akan menjadi lebih hebat dan seringkali akan mengeluh perasaan panas dan nyeri sewaktu koitus. Fluor albus berwarna keputih-putihan seperti susu pecah dan pada pemeriksaan didapatkan vulva edema, hiperemia, dan erosi. Vagina hiperemia disertai discharge keputihan tebal yang bila diangkat mukosa di bawahnya mengalami erosi, kadang-kadang discharge sedikit, encer, atau seperti normal.

Rasa terbakar pada vagina atau vulva tidak selalu merupakan faktor pembeda untuk vaginitis akibat jamur dan vaginosis akibat bakteri. PH vagina pada infeksi jamur lebih rendah daripada vaginitis tipe lain dan biasanya sekitar 3.8-4.2, tetapi yang paling sering di bawah 4.5. Pengecatan gram untuk menunjukkan jamur adalah metode diagnosis yang tepat seperti kulturnya tetapi ini hanya terjadi pada pasien simtomatik karena adanya latar belakang positif pada wanita tanpa problem jamur. Pemeriksaan apusan dapat akurat apabila baik hifa dan spora terlihat tetapi dengan hasil negatif.

UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN

Pengobatan penyakit ini menggunakan antimikotik topikal seperti nistatin selama 14 hari, mikonasol selama 7 hari, dan klotrimasol selama 7 hari, serta antimikotik sistemik seperti ketokonazol selama 10-15 hari. Pengobatan suportif dapat dilakukan dengan menghilangkan faktor-faktor prediposisi. Perawatan yang tepat mapu menyembuhkan 90% dari infeksi vagina dalam dua minggu atau kurang (biasanya hanya dalam beberapa hari), tergantung pada jenis peradangannya.

nb: gambar diambil dari http://www.chuv.ch/
μ = salah satu ukuran mikron (satuan terkecil)
Be Sociable, Share!

28 Comments

  • At 2009.04.24 03:58, olip said:

    mesti hati² n pinter² an jaga bagian i`tuh ajah …..

    olip, postingan yang terakhir… Pacar Sana Sini

    • At 2009.04.24 04:04, ciwir said:

      semoga jangan sampai terkena..

      ciwir, postingan yang terakhir… Sub Terminal Agribisnis

      • At 2009.04.24 04:16, DETEKSI said:

        makanya buat para wanita harus merawat organ vitalnya itu jangan sampe keputihan yang berbahaya..

        DETEKSI, postingan yang terakhir… Cabe Rawit

        • At 2009.04.24 04:57, LuXsmaN said:

          kalau para penjaja kesenangan sering kena penyakit itu gak ya?????

          LuXsmaN, postingan yang terakhir… Crito SUROBOYO, Mat Pithi

          • At 2009.04.24 06:26, dafhy said:

            hem……….harus pinter jaga bagian itu dunk

            dafhy, postingan yang terakhir… Pletuk Yang Terlupakan

            • At 2009.04.24 06:31, suwung said:

              kalo keputihan karena bedaknya ketebalan gimana bos?

              • At 2009.04.24 06:34, mantan kyai said:

                nah kan kampungku lagi disebut sebut ..

                mantan kyai, postingan yang terakhir… Ke Kebun Binatang Surabaya

                • At 2009.04.24 06:38, meylya said:

                  ilmunya bermanfaat banget mbak.
                  gak boleh dianggap remeh kalau urusanya sama daerah sensitiv itu

                  • At 2009.04.24 07:08, bunda nurul said:

                    Astaghfirulloh, serem ya.. semoga ini dapat menjadi pelajaran bagi semua wanita, untuk bisa menjaga kesehatan dirinya. Amin

                    • At 2009.04.24 07:15, Fitria said:

                      Aq pernah keputihan bny bgt..warnanya kuning agak kehijauan…suami sempet khawatir. Trus langsung ke dokter & dikasih salep namanya NERISONA combi cream Diflucortolone Valerate Chlorquinaldol..bbrp hr kemudian lsng sembuh^_^

                      • At 2011.06.13 23:03, vita said:

                        mba qw boleh tau nomer hpnya gag???
                        mao tanya tanya ni,karena qw ngalamin itu mba

                      • At 2009.04.24 07:34, mbah sangkil said:

                        salah satu kelemahan wanita indonesia adalah jarang mau care sama organ intimnya sendiri, pokoknya gak bau bagi mereka udah cukup. Padahal masih banyak permsalahan disana yg kadang gak bisa teridentifikasi hanya dari sekedar bau. Ayo wanita indonesia kampanyekan kesehatan organ intim.

                        thanks untuk ajeng yg mau berbagi ilmu dan pengetahuannya untuk wanita indonesia

                        mbah sangkil, postingan yang terakhir… Kehilangan

                        • At 2009.04.24 20:55, senoaji said:

                          dari dasar kebaikkan untuk berbagi ilmu adalah terlahir untuk berbagi pengetahuan. dan beruntunglah kita yang menerima pengetahuan ini.

                          waduh aku gomong apa itu coba! xixiixixix makasih ya mbak..

                          senoaji, postingan yang terakhir… Eman

                          • At 2009.04.25 21:15, harry_zoe said:

                            alhamdulilah ku gak kena…nah lo…gue kan cowok. bisa gak cowok terkena keputihan?

                            • At 2009.04.28 20:09, Frenavit Putra said:

                              Informasi yang sangat lengkap dan bermanfaat… semoga berguna bagi orang lain.. hehe..

                              Frenavit Putra, postingan yang terakhir… Lomba Fotografi, Slogan & Maskot Jembatan Suramadu

                              • At 2009.04.28 21:28, galuharya said:

                                kayaknya ganti celdam sehari minimal 2 kali mesti dilakukan nih ama kaum hawa

                                galuharya, postingan yang terakhir… Si Culun di sarang Siluman

                                • At 2009.04.30 07:13, ceznez said:

                                  nambah ilmu saya.. :)

                                  • At 2009.04.30 07:27, manusiahero said:

                                    semoga berguna tipsnya buat perempuan2 didunia,,,

                                    manusiahero, postingan yang terakhir… Code Algoritma Part 1

                                    • [...] pada vagina yang dibedakan berdasarkan penyebabnya, yaitu Bacterial Vaginosis, Trichomoniasis, dan Candidiasis. Bacterial Vaginosis merupakan keputihan akibat meningkatnya bakteri patogen, sehingga bakteri baik [...]

                                      • At 2009.08.16 23:42, Stop Dreaming Start Action said:

                                        Bermanfaat skali tulisan ini.
                                        Terutama untuk yg butuh pengetahuan lebih ttg hal ini.

                                        • At 2010.06.22 14:34, kurniawan said:

                                          obat keputihan yah?
                                          wah harus pakai yang alami saja. jangan pakai yang berbahan kimi, bisa berbahaya.

                                          misal dari daun sisik naga
                                          daun sirih
                                          rumput laut juga bisa loh klo salah itu juga hehe.

                                          • At 2010.09.29 14:15, bacterial vaginosis treatment said:

                                            sip banget dah..
                                            gak rugi udah mampir

                                            • At 2010.12.22 19:05, iptek said:

                                              keputihan yang tidak normal setahu saya malah bisa menjadi gejala IMS…
                                              iptek postingan terakhir..Apa kemiripan Tukul dan Beckam!!

                                              • At 2011.03.30 20:43, joko said:

                                                wow…..info penting untukkku dan istriku. tq ya…. :D
                                                keep posting.

                                                • At 2011.04.06 06:26, subah yanto said:

                                                  makasih bgt ilmunya..saya jd agak lega skrg.sy jg keputihan.Klo liat gejalanya kayaknya krn candida albicans ini.ini udh tjd sktr 1,5 thn,sejak setelah sy keguguran.apa itu jg yg bikin sy sulit hamil lg??saya khawatir bgt lho,mbak…koq keputihan spt yg dmaksud sering bgt keluar,malah pas masa subur.. Ya Allah,semoga kami diberikan keturunan yg soleh dan solehah…pengen bgt,tp blm dikasih lg. :-(

                                                  • At 2012.01.21 22:24, Mengatasi Keputihan said:

                                                    Keputihan? mesti segera diatasi tuh.. jangan anggap remeh karena bisa menyebabkan gangguan lain juga. kondisi area ms.V jadi gak normal dan rawan bakteri.
                                                    Mengatasi Keputihan postingan terakhir..Crystal X Menyembuhkan Myoma pada Gadis Remaja

                                                    • At 2012.03.02 14:56, mau tanya said:

                                                      harga Crystal X berapa ya mba

                                                    • At 2012.02.02 21:37, de_dew said:

                                                      itu pengobatannya dosisnya gk jelas..
                                                      tnya di apotek aja bsa gk?

                                                      (Required)
                                                      (Required, will not be published)

                                                      CommentLuv badge