Hikmah Ramadhan

Menjelang datangnya bulan Ramadhan rupanya musibah nggak bisa dihindari, luka di jempol kaki yang terkena mesin motor nggak juga membaik. Alhasil kubawa berobat di Rumah Sakit Kartika Juanda dokter UGD menyarankan untuk mempercepat penyembuhan sebaiknya kukunya di copot. Padahal kuku jempol kiriku juga habis dicopot karena jatuh dari motor sewaktu mengantar adikku pulang. Operasi kecilpun dilakukan untuk melepas kuku kananku kemudian diberikan suntikan antibiotika dan resep Clyndamycine sederet anti radang. Besoknya aku merasa gatel gatel di awali seputar kepala, waktu itu aku berpikiran ah mungkin jilbab baruku membuat kepala lembab. Namun kemudian aku merasakan gatal seputar kelopak mata dan muka, kemudian aku minum incidal obat alergi.

Selang seminggu aku merasakan tumbuh bisul 4 buah bersarang di tubuhku, awalnya aku hanya meraba ah bisul biasa. Namun selang seminggu bisul semakin parah sehingga aku memutuskan untuk ke Rumah Sakit Karya Medika. Kebetulan sahabatku memang praktek disitu sehingga merekomendasikan kepada dokter jaga UGD untuk melihat kemungkinan lain dari bisul ini. Masya Allah ternyata dari pemeriksaan benar bisul itu bukan sekedar bisul akan tetapi Ulkus DM, dan aku di vonis diabetes militus. Kenyataan itu aku bisa maklumi karena memang penyakit menurun dari almarhum bundaku tercinta. Setelah dirawat 5 hari akhirnya diputuskan untuk operasi yang kebetulan dilakukan oleh dr. Dwi Heri yang subhanaAllah baik banget (nggak mau dibayar halah).

Jam dai hari H ditentukan aku memasuki ruang OK dengan siap dan tawakhal, begitu waktunya tiba aku langsung dibius total oleh dr. Anton. Dan aku tidak tahu apa yang terjadi tiba tiba aku dengar suara suara dalam kegelapan. “Segera panggil keluarganya” kata itu jelas terdengar dalam tidur pulasku. Dan sesekali namaku dipanggil panggil “Mungkin masih dalam pengaruh obat bius” kembali kukenali suara dokter anastesi itu, akhirnya aku bisa membuka mataku kulihat begitu banyak yang mengerumuniku. Fitri adikku ada disisi kiri kemudian ada 2 orang sahabatku yang menangis mengelus rambutku. “mbak kenal aku siapa” ucap Fitri aku mau njawab tapi bibirku nggak bisa bergerak dan aku hanya mengangguk saja kemudian aku terlelap lagi. Selang beberapa menit aku merasa dibangunkan lagi oleh dokter anastesi dan sayup sayup kudengar dia mengucapkan “operasinya gagal karena mengalami spasme selama 10 menit” deg aku kaget banget tapi masih belum bisa ngomong namun aku bisa berdzikir dalam hatiku dan menglafazkan kalimat syahadat.

Akhirnya kubuka mataku dan kembali Fitri bertanya “mbak kenal aku siapa ?” aku terbata bata denga pelo “Ola iso omong” dr. Anton mungkin masih dalam pengaruh obat bius kembali dia menyakinkan ke selilingku kemudian aku merasa terlelap kembali. Ketika terbangun aku mendapati diriku sudah penuh dengan selang di sekujur tubuhku dimana aku yah ? kok nggak di ruangan tempat aku dirawat sebelumnya? ternyata aku masih harus di monitor di ICU (aku berharap nggak akan lama di ICU karena bakteri disana ganas ganas). Ada Nunik adikku ada mbak Andi kakaknya Okky ada dr. rawatku dr, Sahala dr. Dwi Heri semua mengerumuniku, termasuk Fitri, Asri dan Donna. Saat itu aku sudah betul betul sadar dan mulai menjawab pertanyaan siapa siapa mereka Alhamdulillah mukjizat Allah yang berbicara. Dan aku sudah kembali ditanya untuk memulihkan ingatanku ya alhamdulillah aku ingat semua 10 menit tanpa asupan oksigen ke otak terlalu riskan untuk tidak mengarah ke stroke. (jadi ingat kasus Sukma Ayu) Thanks untuk Komunitas Blogger Bekasi yang sudah menjenguk juga temen temen FKUI yang jauh jauh sudah meluangkan waktu para tetangga dan saudara semoga Allah jualah yang meringankan kaki mereka dan semoga pula menjadi ladang amal.

Setelah sehari kondisiku normal akhirnya dipindahkan keruang inap untuk menunggu vonis apalagi yang mungkin bisa dilakukan. Rupanya rapat antar mereka juga nggak selamanya mulus, menurut ahli bedah bisa dilakukan manual sedangkan untuk internisnya maunya secara tuntas takut mengarah ke sepsis. Namun akhirnya setelah diputuskan akhirnya jaringan diangkat dua hari kemudian boleh pulang dengan syarat tiap hari tampon diganti dari pihak Rumah Sakit. Menghirup udara rumah membuatkan merasa asing namun paling tidak aku bisa lebih santai, bukan berarti aku sudah sembuh. Justru keluhan yang lain bermunculan terutama lambungku karena semua obat dosis tinggi yang diberikan mengarah ke gastritis belum lagi efek resusitasi pacu jantung membuat rusuk dadaku sakit kalau digerakkan. Semua butuh proses pemulihan semua butuh kesabaran yang Insya Allah menggugurkan dosaku.

Melewati RamadhanMu dengan tidak bisa melaksanakan shaum Ramadhan adalah kesedihan lain yang menyayat hatiku. Namun aku tahu Allah maha pengampun Allah senantiasa menerima tobat hambaNya. Menapaki hari hari dengan berdzikir memberikanku kekuatan bahwa  Hikmah Ramadhan adalah ikhlas akan apa yang menjadi ketetapan Allah dan ternyata ringan Alhamdulillah dalam sakitku masih Kau beri nikmatMu untuk memahami garis yang Kau pilihkan untukku melangkah Allahu Akhbar

Memohon Maaf tak Menjadikan Kita Hina
Memberi Maaf Jangan Membuat Kita Sombong
Ada Kalanya Lisan Kurang Terjaga
Mungkin Juga Ada Janji yang Terabaikan
Hati yang Berprasangka atau Sikap yang Pernah Menyakitkan

Terlanjur kata
Terlampau Cara
Satukan tangan Satukan hati

Di hari kemenangan ini kita kembali kepada Fitri
untuk saling memaafkan

Taqobalallahu Mina Wa minkum
Taqobalallahu ya Karim
Siamana wasiamakum

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
1 Syawal 1431 Hijriah

Mohon Maaf Lahir dan Batin

Be Sociable, Share!

44 Comments

  • At 2010.09.10 15:50, indobrad said:

    semoga cepat sembuh ya Mbak :D

    • At 2010.09.10 15:59, b43r said:

      Cepet sembuh ya mbak.. maaf lahir atin juga klo ada salah :D hihihi

      • At 2010.09.10 18:50, eko sutrisno hp said:

        Aku bisa membayangkan apa yang mbak lalui selama hari-hari itu.

        Sebagai seorang yang tahu betul tentang kedokteran, pasti beda rasanya dengan orang yang tidak tahu masalah kedokteran dan sedang dirawat seperti mbak Ajeng.

        Rasanya lebih baik tidak tahu apa-apa dan percaya saja sama dokter ya.

        Aku percaya mbak Ajeng pasti mendapat hikmah luar biasa dari kejadian ini.

        Kangen ketemu mbak Ajeng nih. Senyum terus ya mbak. Itu pasti akan membuat mbak Ajeng lebih baik dan lebih menikmati kasih Nya berupa sakit ini.

        Salam Sehati

        • At 2010.09.10 19:02, marsudiyanto said:

          Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H..
          Minal Aidin Wal Faidzin..
          Mohon Maaf Lahir dan Batin..

          • At 2010.09.10 19:49, Iman Brotoseno said:

            Ajeng,
            sungguh bahagia masih disayang Gusti Allah, diberi waktu untuk bisa sehat dan terus memuliakan namaNya di muka bumi ini. Tetap semangat dan selalu sehat ya

            • At 2010.09.10 20:39, Syd O'Connor said:

              Hum … Baca ceritanya, kayak ngikutin cerita serial film ‘Emergency Room’.

              BTW dibalik apapun cerita kehidupan kita, sejatinya akan ada sesuatu hikmah yg layak diambil utk menjadi islah atau muhasabah bagi diri kita.

              Inilah mungkin sebagian hikmah sakit, yg mgkn dpt kita ambil.
              - Ketika sakit, Allah dekat dgn kita.
              - Sakit jg merupakan parameter kesabaran seorang hamba.
              - Sakit, memperkuat harapan kita pada Allah SWT.
              - Sakit, merupakan indikasi bahwa Allah menghendaki kebaikan pada diri kita.
              Dan masih banyak lagi hikmah yg dpt kita ambil ketika kita diuji Allah dgn sakit.

              As a friend, saya hny bisa berdoa, agar Allah segera menyembuhkan embak Ajeng dgn selalu memberi kesehatan yg paripurna. Dan utk Kedepan, Allah berkenan menjauhkan mbak dari segala bala. Amin …

              • At 2010.09.10 21:22, lindaleenk said:

                Tuhan terlalu sayang sama mba :)
                cepat sembuh ya mba
                maaf lahir batin juga :)

                • At 2010.09.10 22:35, Iman said:

                  Cepat sembuh untuk Mba Ajeng. Mohon maaf belum menjenguk Mba Ajeng karena baru paham apa yang Mba Ajeng alami melalui tulisan ini. Tetap sabar dan semangat ya Mba. Allah bersama kita semua …

                  • At 2010.09.11 11:26, lukman said:

                    mbak ajeeng, semoga cepet sembuh *sungkem*

                    • At 2010.09.11 17:23, IKHSAN said:

                      terenyuh saya mbaca postingannya mbak :)

                      • At 2010.09.11 19:58, khay said:

                        Selamat idul fitri, Mbak…
                        Mohon maaf kalau ada salah yah

                        • At 2010.09.11 21:03, Andy MSE said:

                          hanya bisa turut mendoakan semoga segera kembali sehat seperti sediakala…
                          Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H.
                          Mohon Maaf Lahir dan Batin.

                          • At 2010.09.12 08:04, Pakde Cholik said:

                            Selamat Idul Fitri 1431 H
                            Maaf lahir batin
                            salam hangat dari Jombang

                            • At 2010.09.12 08:05, niQue said:

                              Duhhh ….
                              Maafkan kami ya mba, sampai hari ini blum juga meringankan langkah untuk bersilaturahmi dengan mba Ajeng.
                              Tapi kami yakin, mba Ajeng yang murah senyum pasti mampu melewati semua ini dengan keikhlasan penuh.

                              Aku salut atas ketegaran dan ketabahan mba Ajeng, postingan ini juga mengingatkan saya untuk tidak cengeng klo lagi sakit :)

                              Selamat Idul Fitri, maafkan kesalahan kami berdua ya mba!

                              • At 2010.09.12 08:28, anurai said:

                                Mba Ajeng…
                                Sabar yaa… itu berarti Allah masih sayang mba ajeng dengan ujiannya,semoga itu merupakan peluruh dosa.. amin..

                                Kami doakan semoga mba ajeng diberikan kesabaran, ketabahan dan kesembuhan, amin…

                                Oia, Maafkan aNie aNurai, Bunda Nurul, dan kumissakti ya…

                                semoga qta bertemu dan bisa berjaya lagi di ramadhan tahun depan..
                                amin ya robbal alamin…

                                luv you…

                                • At 2010.09.12 10:05, addiehf said:

                                  tetap tabah dan ikhlas mba, insya alloh do’a kita semua menyertai mba (worship)

                                  met lebaran, minal aidzin wal faidzin, maaf lahir bathin.

                                  • At 2010.09.12 10:22, Jidat said:

                                    hanya bisa turut mendoakan semoga segera kembali sehat seperti sediakala…
                                    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H.
                                    Mohon Maaf Lahir dan Batin.

                                    • At 2010.09.12 22:17, Sugeng said:

                                      Lho, koq sama sakitnya dengan anakku ya :!: :???: kukunya lepas :lol: semoga lekas sembuh aja mbak dan bisa ngeblog lagi.
                                      Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

                                      • At 2010.09.12 23:15, pututik said:

                                        mohon maaf lahir dan batin jika ada tutur kata yang kurang berkenan

                                        • At 2010.09.13 12:35, soulharmony said:

                                          prikitiew

                                          • At 2010.09.13 18:21, ardian eko said:

                                            semoga lekas sembuh mbak.
                                            sing sabar ya..
                                            td aku dpt sms dr mentari no re sapa ya?

                                            itu nomernya mbak ajeng yang satunya

                                            • At 2010.09.14 02:10, IrfanPlay said:

                                              semoga lekas sembuh mbak ajeng.. :)
                                              mohon maaf bila saya pernah salah kata yaa :)

                                              • At 2010.09.14 04:43, endar said:

                                                semoga lekas sembuh ya mbak.

                                                • At 2010.09.14 06:33, Bunda Nurul said:

                                                  Mbak Ajeng, semoga Alloh segera mengangkat penyakit yg ada pada Mbak Ajeng, dan semoga Mbak Ajeng selalu tabah dan tawakal dalam mengahadapi itu semua. Amin

                                                  • At 2010.09.14 07:48, andinoeg said:

                                                    Mohon Maaf Lahir & Batin

                                                    Emang mbak sakit apa?? Cepat sembuh ya..

                                                    • At 2010.09.14 09:22, kota solo said:

                                                      dari solo mengucapkan..
                                                      Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H..
                                                      Minal Aidin Wal Faidzin..
                                                      Mohon Maaf Lahir dan Batin..

                                                      • At 2010.09.14 10:11, bom² KDB said:

                                                        masyaAllah mbak ajeng..(tears) semoga sehat selalu ya..
                                                        taqabbalallahu minna wa minka….

                                                        • At 2010.09.14 10:35, artharry said:

                                                          moga cepet sembuh dan mendapatkan yang terbaik dariNya.. amin.. (cozy)

                                                          • At 2010.09.14 12:03, attayaya smp sma said:

                                                            memohon maaf lahir dan bathin kepada mba
                                                            semoga kita diberi berkah dan rahmah-NYA

                                                            • At 2010.09.14 14:32, lidya said:

                                                              semoga lekas sembuh ya mbak

                                                              • At 2010.09.14 14:41, SULTHON said:

                                                                selamat idul fitri
                                                                mohon maaf lahir batin

                                                                tukar link yuk untuk mempererat tali silaturahmi
                                                                http://www.masmubarok.co.cc/

                                                                • At 2010.09.14 14:53, fithraw said:

                                                                  Mbak ajeng, semoga lekas sembuh yah…
                                                                  Maaf cmn bisa memberikan do’a aja..
                                                                  Minal aidzin wal faidzin jg y mbak..
                                                                  Maaf kalo selama ini aku banyak salah2 kata sm mbak.. :)

                                                                  • At 2010.09.14 14:56, draguscn said:

                                                                    Saya jadi merasa cengeng. Semoga segera diberikan kemudahan. dan digelontor dosa-dosa.
                                                                    Taqaballahu minna wa minkum ..

                                                                    • At 2010.09.14 15:08, Ipul Anwar said:

                                                                      Baru tau mbak…

                                                                      Semoga cepet pulih kembali ya mbak ?

                                                                      • At 2010.09.14 22:26, sawali tuhusetya said:

                                                                        selamat idul fitri, juga ya, mbak ajeng, minal adidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan dan kekhilafan saya selama ini. sukses selalu buat mbak ajeng.

                                                                        • At 2010.09.14 22:40, khay said:

                                                                          semoga lekas sembuh Mbak….

                                                                          • At 2010.09.14 22:41, Teras Info said:

                                                                            wah …selamat ‘idul fitri Mas…mungkin ucapan ini agak telat tapi….sekali lagi…selamat ‘idul fitri mas…mohon maaf lahir batin..

                                                                            • At 2010.09.15 01:36, luvie said:

                                                                              cepet sembuh, mbak.. di jaga makannya.. :)

                                                                              • At 2010.09.15 09:06, Hery Seputro said:

                                                                                mbak, smg cepet sembuh ya (mbak ku yg baik hati).
                                                                                sabar ya mbak, sakit itu cobaan dr Allah SWT utk mengurasi dosa kita (insya Allah, amin).
                                                                                doa ku menyertai mu.

                                                                                salam dr balikpapan…

                                                                                • At 2010.09.15 09:10, Hery Seputro said:

                                                                                  sy gak nyangka klo mbak, sakit, pantes aja kok lama banget kt gak ada komunikasi.
                                                                                  sy kadang2 aja komunikasi sm tmn2 blogger bekasi via fb (facebook) (via hp) krn di kantor sejak 2-3 bln yg lalu udh gak bs buka fb (facebook).

                                                                                  doa sy utk mbak : cpt sembuh ya mbak…
                                                                                  i miss u, slm buat si adik kecil yg diajak @ deep indonesia 2010 (diving show) jcc, senayan, jkt…

                                                                                  • At 2010.09.15 19:39, ciwir said:

                                                                                    sakit adalah anugerah mbak…
                                                                                    berbahagialah karena ampunan Kanjeng Gusti ALLAH SWT senantiasa datang…

                                                                                    taqabalallahu minna wa minkum

                                                                                    • At 2010.09.17 23:41, Si Pentung said:

                                                                                      Hai mbak.. Saya pengunjung baru blog ini…
                                                                                      Semoga lekas sembuh ya mbak :)
                                                                                      Semoga Ramadan mendatang dapat dilalui dengan lebih indah daripada tahun ini :)

                                                                                      • At 2011.02.20 14:05, Hikmah Ramadhan « Muslimah Blog said:

                                                                                        Hikmah Ramadhan « Muslimah Blog…

                                                                                        [...]Fitri adikku ada disisi kiri kemudian ada 2 orang sahabatku yang menangis mengelus rambutku. “mbak kenal aku siapa” ucap Fitri aku mau njawab tapi bibirku nggak bisa bergerak dan aku hanya mengangguk saja kemudian aku terlelap lagi. … Menghirup …

                                                                                        • At 2011.08.01 06:03, Ahmad said:

                                                                                          Assalamu’alaikum wr wb, tidak ada yang terlewatkan rencana Allah kepada hambanya, bersyukurlah allah memberikan ujian karena dibalik ujian itu akan ada hikmah, dan dengan ujian pula Allah akan menaikan derajad. Insyallah tetep istiqomah, tawadhu ikhlas menerima segala apa yang Allah kehendaki.
                                                                                          dan ingatlah dalam (surah at-Talaq ayat 2-3 )
                                                                                          Barang siapa yang berserah diri kepada Allah, Allah akan carikan jalan keluar yang tidak diduga2 dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka Allah akan dimudahkan segala urusanya, dan Allah menentukan tipa2 yang dikehendaki.

                                                                                          (Required)
                                                                                          (Required, will not be published)

                                                                                          CommentLuv badge